Kamis, 23 Februari 2012

morfologi bahasa indonesia lanjut

ADVERBIA

Adverbia yaitu kata keterangan yang menerangkan tentang verba, adjektiva, numeralia, nomina atau kalimat-kalimat yang berbentuk adverbial lainnya atau kata yang memberikan keterangan pada kata yang bukan kata benda . Adverbia dibagi menjadi dua bentuk yaitu ;
A)     Adverbia monomorfemis atau bentuk tunggal yaitu yang berupa kata dasar ata hanya satu kata saja. Bentuk tunggal dibagi menjadi dua yaitu kata dasar dan kata berafiks. Kata dasara yaitu kata yang menjadi dasar bentukan kata yang lebih besar. Sedangkan kata berafiks kata yang mempunyai imbuhan yang ditambahkan pada sebuah kata.
B)      Adverbia polimorfemis atau bentuk gabungan yaitu kata keterangan yang saling membentuk kata dasar. Bentuk  ini dibagi menjadi dua yaitu adverbia berdampingan dan adverbia tidak berdampingan.  
Adverbia mempunyai struktur sintaksis yaitu adverbia yang mendahului atau kata yang di terangkan, adverbia yang mengikuti, adverbia mendahului atau mengikuti, adverbia mendahului dan mengikuti. Dari struktur semantiknya adverbial dibagi menjadi dua yaitu kualitatif, kuantitatif, limidatif, dan frekuentitatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar